Search This Blog

Tuesday, March 2, 2010

VNC

VNC (Virtual Netwwork Connection) adalah software yang dapat di gunakan untuk meremot atau melihaat (memantau) aktivitas kerja dan berinteraksi dengan satu komputer melalui komputer lain dalam jaringan lokal maupun internet.


Tujuan dari membangun VNC ini sendiri adalah untuk mempermudah dalam pengawasan atau memonitoring system kerja.

Salah satu cara menghubungkan komputer server dan client yang memikiki OS berbeeda dengan cara metode eksperimental yaitu komputer server bersistem operasi Linux dapat di kontrol oleh komoputer client yang bersistem operasi Windows. Sehingga semua program yang ada di komputer server dapat di sharing ke komputer client yang bersistem operasi Windows.
VNC ini sendiri menggunakan protocol yang sederhana berbasiskan  RFB (Remote Frame Buffer).



VNC ini tersedia di sstem operasi Linux dan MS Windows.

VNC ini bersifat cross-platform dimana software ini dapat di gunakan untuk komputer dengan sistemoperasi yang berbeda. Misalnya menggunakan VNC untuk meremot komputer dengan OS Windows Vista melalui Ubuntu Linux.


Keungulan  VNC di bandingkan dengan software lainnya :
1.multi platform, server ini dapat di gunakan dengan baik di lingkungan Windows,Linux,Beos,Macintos, Unix dll. Dan penggunaanya pun juga dapar dilakukan secara koontas platform. VNC client dan VNC Server saling di akses misalnya dari sistem Windows ke sistem Linux maupun sebaliknya.
2.Client-server. Terdiri dari apikasi server dan client dan harus di instal di kedua sisi.
3.HTTP support. VNC dapat di akses menggunakan default port 5900 atau 5901.untuk TCP maupun port 5800 atau 5801 untuk HTTP. Jadi sebuah VNC server juga dapat diakses oleh VNC client menggunakan sebuah browser seperti Mozilla Firefox, Opera, dan Internet Explorer dengan menggunakan java aplet.
4.Transparan. Apabila sebuah komputer Windows dipasang VNC server, akan muncul sebuah icon kecil logo VNC di sebelah kanan taskbar yang akan berubah warna apabila komputer tersebut sedang diakses. VNC juga mengharuskan kita memasang password untuk bisa diaktifkan. Sebelum password dipasang, ia tidak akan mau bekerja.
5.Across internet. Cukup dengan mengetahui nomor IP address dan password VNC tujuan maka kita dapat memperlakukannya menjadi program semacam PC Anywhere untuk mengontrol komputer dari jarak jauh melalui internet.
6.Open Source. C bersifat Open Source dengan lisensi GPL (General Publik License). Dalam arti, kita bisa dengan leluasa menggunakan dan mendistribusikannya.


Related Post By Dimas Blog's



0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

TUKER LINK

Post Terakhir

Followers

Popular Posts

blog TKJ2

Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net 1 2 3 ”>
There was an error in this gadget