Search This Blog

Friday, March 19, 2010

TENTANG VIRUS

1. PENGERTIAN VIRUS

Virus pada Linux tidak seperti virus pada Windows

•Virus di Linux memang ada tapi tidak berbahaya seperti yang menyerang pada sistem operasi MS Windows. Virus yang menyerang Linux pastinya akan menyerang sistem operasi  juga.

•Antivirus Linux(clamAV) hanya bersifat membersihkan virus yang melewati sistem operasi Linux, seperti Mail Server dan Samba Server.


•Sistem Operasi Linux tidak selamanya aman dari gangguan virus,virus dapat menginfeksi sebuah sistem operasi apabila sistem operasi tersebut terhubung melalui media internet, jaringan komputer, media flashdisk, dan lainnya – kemungkinan untuk terinfeksi virus tetap ada

•sebagian besar virus di linux dibuat hanya sebagai proof of concept saja, yaitu untuk membuktikan bahwa Linuxpun bisa terkena virus. Namun dengan sistem keamanan yang jauh lebih baik dari Windows, bisa dipastikan virus akan lebih susah untuk hidup dan berkembang biak di Linux.

2. SEJARAH VIRUS

Pertama kali istilah “virus” digunakan oleh Fred Cohen pada tahun 1984 di Amerika Serikat. Virus komputer dinamakan “virus” karena memiliki beberapa persamaan mendasar dengan virus pada istilah kedokteran (biological viruses). Virus komputer bisa diartikan sebagai suatu program komputer biasa. Tetapi memiliki perbedaan yang mendasar dengan program-program lainnya, yaitu virus dibuat untuk menulari program-program lainnya, mengubah, memanipulasinya bahkan sampai merusaknya. Ada yang perlu dicatat disini, virus hanya akan menulari apabila program pemicu atau program yang telah terinfeksi tadi dieksekusi, disinilah perbedaannya dengan “worm”.

3. CARA PENYEBARAN VIRUS

•Disket, media storage R/W

Media penyimpanan eksternal dapat menjadi sasaran empuk bagi virus untuk dijadikan media. Baik sebagai tempat menetap ataupun sebagai media penyebarannya. Media yang bias melakukan operasi R/W (Read dan Write) sangat memungkinkan untuk ditumpangi virus dan dijadikan sebagai media penyebaran.

•Jaringan ( LAN, WAN,dsb)

Hubungan antara beberapa computer secara langsung sangat memungkinkan suatu virus ikut berpindah saat terjadi pertukaran/pengeksekusian file yang mengandung virus.

•WWW (internet)

Sangat mungkin suatu situs sengaja ditanamkan suatu ?virus??? yang akan menginfeksi komputer-komputer yang mengaksesnya.

•Software yang Freeware, Shareware atau bahkan Bajakan

Banyak sekali virus yang sengaja ditanamkan dalam suatu program yang disebarluaskan baik secara gratis, atau trial version.

•Attachment pada email, transfering file

Hampir semua jenis penyebaran virus akhir-akhir ini menggunakan email attachment dikarenakan semua pemakai jasa internet pastilah menggunakan email untuk berkomunikasi, file-file ini sengaja dibuat mencolok/menarik perhatian, bahkan seringkali memiliki ekstensi ganda pada penamaan filenya.

Related Post By Dimas Blog's



2 comments:

pluma Reply Comment said...

nice post sob

sukmawati Reply Comment said...

thankz
tas Tutorialx......................

Post a Comment

Powered by Blogger.

TUKER LINK

Post Terakhir

Followers

Popular Posts

blog TKJ2

Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net 1 2 3 ”>
There was an error in this gadget