Search This Blog

Saturday, December 31, 2011

flowchart pembuatan kabel crossover

Pengertian
• Diagram flowchart yaitu gambaran secara grafik yang terdiri dari simbol-simbol untuk pemecahan suatu masalah dalam suatu program yang menyatakan arah dari alur program tersebut.
gambar diagram flowchart
 
clip_image001 


Diagram flowchart pembuatan kabel crossover




clip_image002


Penjelasan pembuatan kabel Crossover untuk di buat sharing data antar PC

  • AWAL
Pembuatan kabel Crossover ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dalam jaringan computer agar PC 1 dan PC 2 dapat bertukar data dengan mudah karena kabel crossover ini berfungsi sebagai media penghubung antar 2 PC tersebut.
  • INPUT
1. Konektor RJ45 2 Buah
2. Kabel UTP 1 Meter/lebih sesuai kebutuhan
3. Tang clipper 1 Buah
4. LAN tester 1 Buah
Keselamatan Kerja :
Pastikan urutan warna kabel tidak salah !
Hati-hati saat melakukan crimmping, jika salah konektor tidak dapat digunakan lagi !
  • PENGULANGAN
Lakukan Cek ulang pada kedua kabel apakah sudah benar dalam penyusunan urutan warna kabelnya karena jika salah maka pada LAN tester akan terdeteksi kabel nomer berapa yang kurang sempurna dalam mengkrimping kabel tersebut. Prosedure pemasangan kabel ini memang tidak terlalu sulit jika kita sudah mengetahui caranya. Namun demikian jika kita sebagai pemula tidak hati-hati dalam memasang kabel ini, karena jika kabel dan konektor sudah terpasang tidak bisa dibuka kembali dan untuk memperbaikinya kita harus memotong kembali kabel tersebut dan konektor RJ45 akan terbuang
  • PROSES
Langkah kerja dalam pembutan kabel Crossover :
1. Potong kabel UTP dan kupas bagian luarnya menggunakan pemotong misalnya tang Crimping .
clip_image004
2. Setelah kulit kabel bagian luar kabel tersebut dipotong maka selanjutnya susun urutan warna mengikuti petunjuk seperti table di bawah ini
 
Kabel dan konektor B                                  Kabel dan konektor A
warna urutan warna
putih orange 1 putih hijau
orange 2 hijau
putih hijau 3 putih orange
biru 4 biru
putih biru 5 putih biru
hijau 6 orange
putih coklat 7 putih coklat
coklat 8 coklat
clip_image007
 
3. Ratakan kabel tersebut untuk dimasukan ke konektor RJ45. Jangan lupa setiap ujung konektor posisinya harus sama. Selain itu bagian luar atau pembungkus kabel harus terjepit agar kokoh dan tidak goyang.
4. Setelah kabel masuk dan rata sampai ujung konektor siapkan tang Crimping.
Dalam memasukkan kedalam konektor posisi urutan kabel nomer satu yaitu pada bagian kiri konektor dalam posisi terbalik dan begitu juga seterusnya.
5. Masukkan konektor yang sudah ada kabelnya ke lokasi yang sesuai di tang Crimping, kemudian jepit yang keras sehingga tembaga yang tadinya ke luar dan menonjol akan rata kembali seperti sebelum dimasukan kabel. Proses penjepitan ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak meleset dan salah satu kabel tidak terjepit dengan baik.
clip_image009
6. Lakukan pengujian dengan menggunakan LAN tester pada kedua konektor apakah sudah terdeteksi semua susunan urutan kabel tersebut.


  • PILIHAN
Maksud dari bagian ini yaitu dalam pembuatan kabel crossover mesti ada masalahnya. Masalah yang muncul yaitu susunan/urutan kabel tersebut sudah benar atau tidak. Maka jika susunan/urutan kabel sudah benar berarti kita menuju proses selanjutnya yaitu Output tetapi jika ada salah satu kabel dalam penyusunannya tidak benar maka yang harus dilakukan yaitu melakukan proses ulang dalam pembuatan kabel crossover tersebut. Untuk mengetahui keslahan dan kebenaran dalam penyusunan kabel crossover yaitu dengan alat yang bernama LAN tester.
  • OUTPUT
Kabel crossover ini sudah diap digunakan untuk keperluan kita dalam sharing data maupun hal lain yang inti dari di buatnya kabel ini yaitu menghubungkan PC1 dan PC2 agar dapat bertukar data.
Dengan kabel jenis ini hal-hal yang ada di dalam jaringan LAN akan mudah dilakukan. Misalnya saja untuk mengcopy data dari PC 1 ke PC 2. Dengan kabel ini kita dapat dengan mudah untuk mengcopy data dari PC ke PC, daripada menggunakan Flashdisk atau media penyimpanan yang lain kabel ini lebih efisien karena kabel ini dapat melakukan transfer data dengan kecepatan kira-kira 100Mbps daripada media penyimpanan seperti flashdisk dan sejenisnya. Jadi kita harus mencoba teknologi seperti ini dalam kehidupan kita setiap hari.

  • AKHIR
Proses pembuatan Kabel Crossover sudah selesai.

Related Post By Dimas Blog's



0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

TUKER LINK

Post Terakhir

Followers

Popular Posts

blog TKJ2

Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net 1 2 3 ”>
There was an error in this gadget