Search This Blog

Tuesday, January 19, 2010

Instalasi dan koneksi W-lan serta sharing folder

LAPORAN PRODUKTIF INSTALASI DAN KONEKSI W-LAN SERTA SHARING FOLDER DAN DRIVE MENGGUNAKAN W-LAN

clip_image002
Disusun Oleh : M. DIMAS RACHMANTO
Kelas : XI TKJ 2
Absen : 20
PEMERINTAH KABUPATEN PASURUAN
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PASURUAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 PURWOSARI
Jl. Raya Purwosari – Purwosari Pasuruan 67162
Telp. 0343-613747, Fax. 0343-614367
E-mail : smkn.1pasuruan@igi-alliance.com
Website : www.smkn1purwosari.net
W-LAN sangat berguna bagi para kopter mania, karena mempunyai banyak fungsi seperti : kita dapat membuat koneksi hotspot dalam satu ruangan (peer to peer ) bukan hanya itu saja kita juga dapat menggunakannya sebagai akoneksi pada hotspot yang sudah terpasang di area kita, kita juga dapat menggunakannya untuk mensharing folder ataupun mensharing drive pada client yang lain.
Berikut adalah langkah-langkah instalasi W-LAN dan langkah-langkah pemanfaatannya :
a. Instalasi W-LAN
b. Sharing Folder , dll.
Instalasi W-LAN

1. W-LAN pada motherboard setelah itu mur, agar tertancap dengan kuat.
2. Masukkan CD instalasi W-LAN, kemudian akan muncul jendela seperti dibawah klik next
clip_image004









3. Kemudian PC akan melakukan proses pencarian driver setelah itu klik next.
clip_image006
4. pilih Wireless adapter yang sesuai dengan yang telah dipasang kemudian klik next.
clip_image008
5. Setelah itu PC akan melakukan proses pengcopyan file ke PC
clip_image010
6. W-Lan telah terinstal dan akan muncul pada dekstop bagian bawah bahwa W- LAN sudah terinstal, klik finish.
clip_image012

7. Setelah itu lakukan proses instalasi SMC-Network untuk menjalankan W-LAN dengan cara arahkan kursor ke Install / Remove Drivers & Utility kemudian klik.
clip_image015

8. Tunggu proses instalasi ini selesai
clip_image018

9. Kemudian akan muncul proses setup status pada dekstop, seperti gambar di bawah ini, tunggu proses ini selesai.
clip_image021
10. Instalasi selesai klik Finish
clip_image023
Sharing Folder dengan Menggunakan W-LAN
Berikut adalah langkah-langkah dimana kita dapat mensharing folder dengan menggunakan W-LAN tetapi kita harus terlebih dahulu mengecek apakah W-LAN sudah terinstal, berikut lanhkah-langkahnya.
1. Klik icon SMC Network pada dekstop kemudian akan muncul jendela seperti gambar dibawah ini apabila kita dapat terkoneksi dengan hotspot .
clip_image025


2. Setelah itu pilih Profile pada pilihan SMC Network, untuk melihat jaringan yang dapat diakses oleh kita. Lakukan rescan apabila jaringan tidak terdeteksi secara menyeluruh.

clip_image030
3. Apabila kita ingin membuat jaringan sendiri yang akan digunakan untuk mensharing folder kita harus membuat profil sendiri dengan cara klik Add pada beberapa pilihan yang sudah ada di Profile maka akan muncul gambar seperti dibawah ini. Pada pilihan Wireless Network Properties ketikkan :
1. Nama pada Profile Name kemudian ketikkan nama sesuai dengan keinginan kita di Network Name (SSID) ini digunakan untuk mengetahui nama profile yang nantinya terdetekdi di Box atau Kotak Network client yang lain ataupun Box atau kotak Available Profile yang ada di box kita.
2. Centang box Ad Hoc
3. Ganti Channel dengan 1 (2412Mhz)
Kemudian klik OK setelah itu profile yang sudah kita buat akan muncul pada box Available Profile(s).
clip_image032
4. Setelah proses itu selesai kita akan dapa mengkoneksikan PC kita dengan profile yang sudah kita buat maupun yang sudah dibuat oleh orang lain dengan klik profile yang ingin kita koneksikan ke PC kita lalu klik Connect kemudian pada dekstop bawah akan muncul bahwa kita sudah terkoneksi dengan profile tersebut (per to per) apabila belum berhasil lakukan Rescan agar profile koneksi terdeteksi secara keseluruhan.
clip_image034clip_image035



5. Kemudian lakukan ping terlebih dahulu apakah kita sudah terkoneksi dengan client lain atau ping ke server dengan cara klik Start lalu klik Run ketikkan cmd maka akan muncul jendela baru seperti gambar di bawah ini lalu ketikkan ping IP kemudian enter apabila kita mendapat balasan maka kita sudah terkoneksi.
clip_image040

6. Kemudian buatlah foler yang akan di share kemudian klik kanan pada folder tersebut lalu klik Properties kemudian pilih Sharing kemudian pilih Share this folder on the network dan isikan nama folder kemudian pilih Allow network users to change my files kemudian klik OK.
7. Kemudian klik Start lalu klik Run kemudian ketikkan double slash diikuti dengan IP kita kemudian diakhiri dengan double slash kemudian klik OK.
clip_image044
clip_image046


8. Setelah itu akan muncul jendela baru bahwa kita sudah menshare folder ke client atau ke server.
clip_image052
C. Sharing Kapasitas Drive Menggunakan N-Lite

1. Sama dengan langkah-langkah mensharing folder (Langkah 1-Langkah 5)
2. Setelah melakukan langkah-langkah tersebut lakukan share drive dengan cara klik kanan pada drive yang akan di share kemudian pilih Sharing dan pilih Share This Folder On the Network kemudian isikan nama folder dan kemudian Klik Allow Network Users to Change My Files untuk menshare ke semua network kemudian klik OK.
clip_image053



3. Setting IP klik kanan pada Network Connection lalu klik Properties dan pilih TCP/IP kemudian klik Properties dan ganti IP dengan menggunakan DHCP sehingga kita akan mendapatkan IP dari server setelah itu klik OK. Jika kita sulit mendapat IP lakukan pengisian IP secara manual.
clip_image058

4. Kemudian lakukan langkah ke-3 sekali lagi akan tetapi pada tahap ini kita klik Quota kemudian centang pada Enable quota management setelah itu isi Limit Disk space to berapa kapasitas yang akan disharing kemudian centang pada kedua Log Event untuk Quota Limit dan Warning Level lalu klik OK
clip_image062

5. Setelah itu klik Start lalu klik Run dan isikan double slash diikuti dengan nomer IP kemudian ketik double slash dan tekan Enter atau klik OK.
clip_image045
6. Setelah itu akan muncul jendela baru yang menunjukkan bahwa drive share kita telah tershare ke client yang lain maupun ke server.
clip_image066

Related Post By Dimas Blog's



0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

TUKER LINK

Post Terakhir

Followers

Popular Posts

blog TKJ2

Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net 1 2 3 ”>