Search This Blog

Thursday, February 18, 2010
MEMAHAMI DISTRO LINUX
Perbedaan Kernell Linux dan Windows


Secara umum kernel itu fungsinya me-manage resource yang ada di komp dan me-manage semua proses. kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi .Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.
Kernel monolitik mengintegrasikan banyak fungsi di dalam kernel dan menyediakan lapisan abstraksi perangkat keras secara penuh terhadap perangkat keras yang berada di bawah sistem operasi.
Di bawah ini ada beberapa sistem operasi yang menggunakan Monolithic kernel:
Kernel sistem operasi UNIX tradisional, seperti halnya kernel dari sistem operasi UNIX keluarga BSD (NetBSD, BSD/I, FreeBSD, dan lainnya).
Kernel sistem operasi GNU/Linux, Linux.
Kernel sistem operasi Windows (versi 1.x hingga 4.x; kecuali Windows NT).
linux :

Open source code kernelna / kodenya dibuka,Linux memiliki kernel yang stabil. Dia dapat berjalan 24 jam sehari 7 hari seminggu tanpa harus restart. Ini yang membuat Linux menjadi unggul jika dibandingkan dengan MS Windows yang kadang minimal dalam satu hari kita harus me-restart ulang untuk menyegarkannya.
Kernel Linux memiliki interface untuk mengakses sistem, library, dan user interface. Interface untuk sistem berperan penting karena secara umum bertanggung jawab atas proses-proses. Melalui sebuah perintah khusus proses diganti dari mode pengguna ke mode kernel.
Seperti dalam Windows, kernel bekerjasama dengan perangkat I/O dan menangani pengelolaan kapasitas. Bagian yang besar mengurusi manajemen proses, memilih tugas mana yang menjadi prioritas, dan mendapatkan giliran yang mana yang harus dikerjakan. Untuk itu, pada level terbawah terdapat fungsi-fungsi untuk mengendalikan interupsi.
Kernel Linux pada mulanya ditulis sebagai hobi oleh pelajar universitas Finland Linus Torvalds yang belajar di Universitas Helsinki, untuk membuat kernel Minix yang bebas dan dapat sunting. (Minix adalah projek pelajaran menyerupai UNIX direka untuk mudah dan bukannya untuk kegunaan perniagaan.) Versi 0.01 dikeluarkan ke Internet pada September 1991, Versi 0.02 pada 5 Oktober 1991.

windows :
Kernelnya bersifat close source / kodenya ditutup,kernel windows...itu adalah bagian dalam dari sistem operasi windows seperti registry, library nya..kita hanya bisa mengedit sedikit saja tidak bisa dalam seperti nix..makanya disebut sebagai sistem cathedral..tidak seperti opensources

Hal ini bertujuan untuk menjadi yang paling komprehensif kernel1, 2 perbandingan terbaru gaya Unix yang paling populer versus kernel terbaru kernel yang paling populer. Saat ini adalah kernel 2.6.28 Linux dan Windows Vista SP1 kernel. Datang di 2009 adalah 2.6.29 versus Windows Vista SP1.

Pada Windows kernel ditangani oleh file kernel32.dll. Kernel ini menangani manajemen memori operasi masukan / keluaran dan interrupt. Ketika boot Windows, kernel32.dll di-load ke dalam spasi protected memory sehingga spasi memorinya tidak digunakan oleh aplikasi lain. Apabila ada aplikasi yang mencoba mengambil spasi memori kernel32.dll, akan muncul pesan kesalahan "invalid page fault".
GNOME

GNOME - Guh-Nome (GNU Network Object Model Environment) adalah graphical user interface (GUI) & aplikasi desktop untuk sebagian pengguna Unix dan Linux. Ada juga yang di tujukan untuk membuat OS Linux lebih mudah di gunakan untuk non-pemrogram yang pada umum nya terkalit dengan Windows dan kumpulan aplikasi yang menyerupai. GNOME adalah salah satu desktop bagi para pengguna Linux yang memiliki kemudahan memilih aplikasi desktop, dari beberapa tampilan desktop yang tersedia. Dengan GNOME desktop dapat di buat agar terlihat seperti Windows98, Mac OS, atau dengan efect 3D desktop. Gnome juga memiliki kemiripan yang bisa di temukan di Windows Office 97, word processor, a spreadsheet program, database manager, presentation developer, Web browser, dan e-mail program.

GNOME berawal dari upaya dan usaha pengembangan para sukarelawan yang bekerja di bawah naungan Free Software Foundation, sebuah organisasi yang di dirikan oleh richard Stallman. Stallman dan anggota Free Software Foundation meyakini bahwa source code harus selalu publik dan terbuka untuk perubahan sehingga terus dapat di tingkatkan dan dikembangkan oleh orang lain.GNOME sebagai upaya atau alternatif agar pasar aplikasi desktop tidak di pegang oleh 1 vendor.Tujuan GNOME adalah menyediakan sejumlah aplikasi yang mudah dan ramah untuk di gunakan.Selain sebagai desktop, GNOME juga datang untuk pengguna dan kumpulan aplikasi handheld PalmPilot.

KDE
KDE adalah (K Desktop Environment) merupakan salah satu windows manager di sistem operasi berbasis UNIX. Pembuatan aplikasi yang berjalan di KDE harus mengikuti standar antarmuka yang ramah dan efisien bagi penggunanya. KDE adalah sebuah aplikasi desktop environment untuk sistem operasi berbasis UNIX (termasuk Linux, FreeBSD, NetBSD dan lain-lainnya). Fungsinya adalah untuk mengurangi penggunaan command line yang mungkin terlalu rumit bagi pengguna yang awam di sistem operasi berbasis UNIX tersebut, sehingga pengoperasiannya semudah mengoperasikan desktop pada lingkungaN

GNOME VS KDE
KDE dan GNOME merupakan suatu GUI (graphical user interface) atau desktop environtment (lingkungan desktop) yang memudahkan user untuk bisa mengakses aplikasi di linux. Sebenarnya GUI itu tidak hanya KDE dan GNOME saja yang ada, tapi ada juga yang namanya IceWM,XFCE,Blackbox,dan Fluxbox. ringkasnya GUI itu adalah tampilan yang menjembatani penggunaan sistem linux dengan user agar lebih mudah digunakan, jadi usernya tinggal klak-klik aja sana sini.

PERLU diingat bahwa GUI pada linux (yaitu KDE,GNOME dll) berbeda dengan sistem operasi W NDOWS. Kalau di windows, GUInya termasuk sistem utama. AKibatnya ketika GUI pada windows crash, maka sistem utama juga akan ikut crash. Berbeda dg linux, dimana GUInya berjalan di atas sistem X-window. Jadi ketika GUI atau Xwindownya crash, sistem utamanya tidak ikut crash. solusinya cukup restart aja lingkungan X-windownya Dengan kata lain GUI pada linux bukanlah sistem, melainkan aplikasi grafis yang berjalan di atas sistem. Kita anggap saja X-window adalah baju, sedangkan sistem utama adalah orang. KEtika bajunya robek tentu kita tidak perlu menjahit orangnya tetapi bajunya yang kita jahit, atau ganti dg baju yang lain.
Sebenarnya X-window adalah kumpulan bagian yang bekerjasama untuk menampilkan GUI, bagian2 tersebut adalah :
- dasar sistem window, program yang menyediakan layanan untuk sistem X-window
- X network protocol, protokol yang digunakan untuk berkomunikasi lewat jaringan
- Xlib, interface tingkat rendah. Bagian utama yang mengimplementasikan X Netwotk protocol antara sistem jaringan dengan program-program tingkat tinggi
- Window manager, menghubungkan ketiga bagian di atas. WIndow manager adalah aplikasi X yang berfungsi untuk mengatur bagaimana window ditampilkan kepada pengguna..

Remastersys Linux Distro

remastering itu cara untuk menambahkan atau mengurangi aplikasi-aplikasi atau default layanan yang ada di sebuah OS linux. Yang bisa ditambahkan seperti tema, background atau aplikasi-aplikasi software lainnya.

nah ini langkah-langkahnya:
Sedangkan untuk mempermudah pembuatan iso ketika proses remastering
selesai dilakukan, maka digunakan tool yang disebut remastersys. Tool ini
digunakan untuk mengkonversi system operasi yang telah diberi tambahan
aplikasi ke dalam bentuk .iso sehingga nantinya bisa dibuat dalam bentuk
livecd.
Langkah-langkah yang digunakan dalam melakukan remastersys ini
adalah:

1. Melakukan instalisasi system operasi yang akan digunakan, yang
dalam ini adalah linux ubuntu 8.04 dengan menggunakan cd live
ubuntu 8.04. Sudo username:hendy, password:laziale

2. Setelah system operasi terinstal, hal berikutnya yang dilakukan adalah
mencari beberapa aplikasi recovery yang akan ditambahkan ke dalam
system operasi.

3. Kemudian dilakukan penginstallan tool remastersys. Saat
penginstallan remastersys, pada awalnya akan menemui kegagalan
karena dependensi yang dibutuhkan belum tersedia. Untuk itu
dilakukan penginstallan dependensi melalui internet atau melalui dvd
repo.

4. Membuat folder baru di direktori home/hendy yang nantinya akan
digunakan sebagai repository local. Dalam hal ini folder yang dibuat
diberi nama repo_tubes

5. Kemudian memindahkan aplikasi yang telah dibuat ke dalam folder
repo_tubes dan kemudian mengekstrak tiap aplikasi tersebut. Setelah
semua terekstrak maka dilakukan penghapusan terhadap file-file
aplikasi sebelum diekstrak yang masih dalam bentuk
.tar/.tar.gz/.tar.bz2

6. Langkah selanjutnya adalah masuk ke dalam terminal. Setelah masuk
maka hal yang dilakukan adalah mengetikkan perintah (sudo dpkgscanpackages
repo_tubes/dev/null | gzip -9c > repo_tubes/Package.gz)
yang bertujuan unutk mengeset folder repo-tubes menjadi repository local.
7. Setelah itu mengetikkan perintah (sudo gedit /etc/apt/sources.list).
Setelah sources list terbuka, kemudian melakukan pengeditan dengan
menambahkan baris berisi deb file:home/hendy repo_tubes/ .
Setelah itu menyimpannya(save) dan keluar dari sources list.

8. Setelah melakukan pengeditan di dalam source list, hal berikutnya
yang dilakukan adalah mengetikkan perintah (sudo apt-get update)
untuk mengupdate package yang ada dalam repository local

9. Setelah itu hal yang dilakukan adalah melakukan penginstallan
terhadap aplikasi yang diperoleh.
Perintah yang diketikkan adalah (apt-get install nama_aplikasi). Jadi
perintah-perintah yang diketikkan adalah:
‐ Sudo apt-get install ddrescue
‐ Sudo apt-get install foremost
‐ Sudo apt-get install magicrescue
‐ Sudo apt-get install scalpet
‐ Sudo apt-get install testdisk

10. Setelah semua proses penginstallan selesai, maka kemudian hal yang
dilakukan adalah membuka synaptic. Tujuannya untuk
membuang(uninstall) aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan untuk
menghemat kapasitas ketika hasil remastering di-burn ke dalam cd.

11. Setelah dirasa cukup, maka kembali ke dalam terminal untuk
melakukan convert ke dalam bentuk iso. Perintah yang diketikkan
adalah (sudo remastersys backup custom.iso)
Hasil remastering dalam bentuk file iso (custom.iso) akan berada di
direktori /home/remastersys.

sebenarnya fungsi remastersys convert ke iso nya saja, dan kalau punya .iso berarti kita punya OS distro bikinan kita sendiri walau hanya nambah-nambahi aplikasi saja...

sumber : linuxinuse.blogspot.com

Related Post By Dimas Blog's



0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

TUKER LINK

Post Terakhir

Followers

Popular Posts

blog TKJ2

Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net 1 2 3 ”>
There was an error in this gadget