Search This Blog

Tuesday, January 6, 2009

manipulasi windows dengan NLITE




N Lite, merupakan sebuah utility yang berguna bagi kita dalam memanage sebuah CD system operasi Windows XP. Utility ini cukup penting karena berguna untuk memasukkan driber yang belum ada dalam daftar list, juga bisa meremove driver Windows yang ada dalam list CD system operasi tersebut. Pada Windows XP, membengkaknya isi system operasi tersebut karena banyaknya driver yang dimasukkan sehingga banyak menyita kapasitas. Untuk membuang driver tersebut digunakan nLite yang hingga saat ini sudah mencapai versi 1.4.9.1. Fungsi nLite yang sering digunakan adalah untuk merampingkan sebuah sistem operasi agar tidak membebani sistem, seperti membuang program yang tak dibutuhkan. sebelum anda menginstallnya. nLite juga sangat bermanfaat jika anda mempunyai komputer/notebook yang menggunakan hardisk SATA namun saat menginstall Windows XP keberadaan hardisk tersebut tidak terdeteksi. Windows XP tidak memasukan driver SATA ke dalam cd Windows XP tersebut sehingga anda terpaksa memasukan sendiri ke dalam cd tersebut.

Untuk mengedit isi CD Windows XP, tentu saja Anda harus memiliki program nLite. Selain itu juga dibutuhkan aplikasi tambahan yaitu Microsoft .Net Framework yang bisa anda dapatkan di situs Microsoft. Jika anda sudah selesai menginstall keduanya, anda harus mengcopy isi cd Windows XP tersebut ke dalam hardisk dan lebih baik gunakan folder tersendiri. Jika sudah segera jalankan program nLite tersebut.

1. Jalankan nLite dan tampil window seperti berikut. Kemudian pilih bahasa (bila perlu), pilih English. Klik Next.2. Klik Browse untuk menunjukkan folder copyan Windows XP. Biarkan nLite mendeteksi, bila selesai kemudian klik "Next".
3. Presents, pada pilihan ini langsung saja klik "Next"
4. Task Selection, adalah tahapan memilih apa yang hendak anda tambahkan, ada 4 pilihan opsi tersebut. Untuk memilih bisa mengklik pada pilihan button yang warna merah menjadi warna hijau.

Task

Keterangan

Integrated

Di sini anda bisa mengintegrasikan seperti service pack, update pack, dan driver, misal anda ingin mengintegrasikan service 3, anda bisa memasukan lewat area ini.

Remove

Adalah fasilitas ini membuang komponent Windows yang tidak berguna, dalam tutorial ini saya hanya memberikan cara integrasi driver SATA, remove komponent, Unanntended Option Tweak dan Bootable ISO.

Setup

Fasilitas untuk mensetup program

Create

Memilih bootable ISO agar bisa dibakar pada keping CD


5. Include Driver, Remove, Setup, Create Untuk driver Anda bisa memasukkan melalui insert, Anda bisa memilih single driver atau multiple drive, jika cuma satu pilih single driver, jika lebih gunakan multiple, file yang dimasukan berupa *.inf. Misal dalam tutorial ini memasukan driver SATA sebuah notebook dengan nama file iaahci.inf dan iastor.inf, setelah masuk maka akan muncul kotak combo selanjutnya yang menanyakan Driver integrated Option, anda langsung saja pilih tex mode driver, lalu pada bagian text mode integration option anda block semua agar terpilih setelah itu pilihlah "OK".

.
6. Component, pada gambar di bawah merupakan contoh pilihan membuang program mana yang tidak dikutsertakan jika nanti anda melakukan instalasi Windows XP, anda bisa membuang dengan memilih pada kategori tersebut.
7. Unattended, ini pilihan yang bisa anda memodifikasi System Operasi.

Menu / Task

Keterangan

General

Pilihan memasukan cd key, firewall, hibernate dan lain lain

Network setting

Anda bisa mengintegrasikan jaringan dari nomer IP, nama jaringan, DNS Server, gateway dan lain lain.

Desktop Theme

Memilih theme apa yang dipakai jika Windows terinstalasi

Automastic Update

Anda bisa mematikan pilihan ini agar Windows tidak melakukan update

Display

Menentukan ukuran layar

Component

Menentukan Internet Information Service

Owner and Network ID

Menentukan nama komputer, jaringan, organisasi, dan domain jika punya.

Regional

Mengatur setting dan waktu menggunakan standart negara tertentu


8. Option, berisikan parameter tingkat kompresi, folder, language, dan lain lain.
9. Tweak, adalah optimasi Windows, dari boot, trik internet dan lain lain.
10. Spipstream, proses driver yang ditambahkan. Jika ditanya jawab "Yes"
11. Created Image, bootable ISO adalah proses pembuatan file ISO sebagai nantinya hasil dari nLite ini bisa dibakar pada keping CD, anda pun juga bisa langsung bakar ke CD, namun saya sarankan menggunakan Create sehingga anda punya file imagenya. Pada tahap ini anda bisa memberikan label sesuai kemauan anda lalu klik Make ISO dan simpan di tempat yang telah anda tentukan.

12. Finishing, tekan Finish dan proses memodifikasi telah selesai.






Related Post By Dimas Blog's



1 comments:

SYAHRIL RAHMAN Reply Comment said...

kalo windows seven di edit pake nlite apa bisa???

Post a Comment

Powered by Blogger.

TUKER LINK

Post Terakhir

Followers

Popular Posts

blog TKJ2

Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net 1 2 3 ”>
There was an error in this gadget