Search This Blog

Wednesday, February 24, 2010

browsing dan online di hp smart D1200P

Cara setting Internet d hp smart D1200P
berikut langkah-langkahnya:

* --> WAP
* --> Advance atau tekan “5?
* --> Pengaturan atau tekan “6?
* --> Atur Gateway atau tekan “1?
* --> Gateway 2 atau tekan “2?.
* --> IP kemudian ketik 10.20.27.250 lalu ketik OK
* --> Port kemudian ketik 8080 lalu ketik OK
* --> Dial kemudian ketik #777 lalu ketik OK
* --> User Name kemudian ketik wap lalu ketik OK
* --> Password kemudian ketik wap lalu ketik OK
* Klik “Back” 2 kali sampai kamu berada di menu dengan pilihan Atur Gateway, Pilih Gateway dan Restore Setting Gateway atau tekan “2?
* Gateway 2 dan akan ditampilkan pesan “Please restart browser”
* Keluarlah dari browser kemudian masuk ke home page.
* Konfigurasi selesai. Sekarang kamu bisa mengakses dan membuka WAP Smart Telecom dengan cara pilih Menu -> My Menu -> WAP -> Home Page

Jadi, dengan layanan WAP HP Smart D1200 kita bisa online langsung pake HP-nya.
Thursday, February 18, 2010

INSTALASI LINUX DISTRO XANDROS 3.02OCE

INSTALASI LINUX DISTRO XANDROS 3.02OCE

Specifikasi Hardware :
* Prosesor kelas pentium atau kompetibelnya
* Ada CD-Rom drive
* Memori minimal 64 MB, di rekomendasikan 128 MB keatas.
* Ruang kosong di Harddisk Min. 2 GB dengan catatan semakin sedikit software yang di install, maka ruang kosong yang di perlukan semakin kecil.

Cara Installasi :
1. Nyalakan komputer, dan masuklah ke SetUp Bios untuk mengatur proses Booting pertama pembacaan pada CD-Rom.
2. Masukkan CD-Xandros ke CD-Rom dan save settingan anda pada bios guna keluar menuju proses rebooting.
3. Jika settingan anda sudah benar maka akan muncul tampilan awal installasi Xandros, untuk ke menu pilihan modus boot anda cukup menekan tombol [Shift]. Catatan : Jika Monitor anda hanya mampu Max. Resolusi 800X600 silahkan memilih poin 8 ( 256-color Setup ). agar proses Installasi dengan Grafik interface tidak mengalami hambatan. Namun jika monitor anda tidak bermasalah dengan resolusi langsung saja enter.
4. Setelah menunggu beberapa saat, akan muncul ucapan selamat datang (Xandros Installasi Wizard ; Welcome) klik saja Next.
5. Nah sekarang anda berada pada tampilan licence, pilih saja (i accept this agreement), kemudian klik tombol Next.
6. Kini anda memasuki menu System, anda dihadapkan pada 2 pilihan, yaitu ; Express install, yang jika anda pilih maka semua isi harddisk akan di format secara otomatis untuk melakukan penginstallan Operasi Sistem Xandros, sebaiknya terlebih dahulu anda BackUp semua data yang ada di Harddisk. Namun jika anda memakai pilihan ke dua, yakni ; Custom Install, maka ini lebih aman untuk data anda. Sebab, anda akan diajak untuk memakai dua sistem, atau satu sistem saja. Dengan asumsi partisi harddisk di jadikan dua atau lebih. Umpamanya anda akan bermutasi dari Sistem komersil ke Linux, dan di harddisk anda ada dua partisi yaitu C & D, maka pilihan ini yang harus anda pilih.
7. Setelah anda memilih Custom Install, kemudian klik Next, sekarang anda memasuki menu Software, lebih baik anda pilih saja Complate desktop (1337 MB), kemudian tekan Next.
8. Sekarang anda tiba pada menu Disk, atau disk configuration. Lebih baik saya sarankan anda memilih Manage disks and partitions (recommended for experts only), dengan asumsi harddisk anda dibagi 2 partisi. Ini dimaksudkan agar data yang berada di drive D tidak terhapus alias aman. Lalu Klik Next.
9. Nah..., sekarang anda dibawa ke menu pembuatan partisi, silahkan sorot partisi C terlebih dahulu (dengan asumsi partisi C berisi sistem operasi Comersil), kemudian tekan Delete. Sehingga C menjadi Freespace. Sorot lagi C yang sudah free tadi dan tekan Add. Maka akan muncul pilihan besarnya jumlah bite partisi, dan silahkan mengisinya dengan jumlah dua kali besar memori, jika memory anda 256Mb maka tulis lah 512MB. Dan rubah dulu jenis file sistem menjadi Linux-Swap/Swap linux. Lalu tekan Ok. kini akan tinggal sisanya yang Free, silahkan sorot yang sisanya tadi dan Klik Add. Dan silahkan menentukan File sistem dengan Ext3 atau Root, lalu Klik Ok. Setelah hal diatas anda lakukan sekarang partisi untuk linux yang telah anda buat tadi, silahkan sorot Swap lalu klik Asisign, dan sorot lagi yang root [ / ] atau Ext3, lalu klik Assign, sekarang partisi yang di assign akan muncul di kolom bawah, yakni maunt point list. Nah sorot dan klik Write, tunggu beberapa saat agar partisi di tulis. Setelah selesai Tekan Next, catatan penting. Untuk partisi D, sebaiknya jangan diapa-apakan.
10. Nah sekarang anda telah selesai mempartisi, kini hasilnya akan di tampilkan, silahkan langsung sorot dan klik Next.
11. Jika CPU anda terdapat LAN / MODEM maka anda akan di suruh mengisi IP address dan Subnet mask. Bisa dikesampingkan atau diisi, setelah
12. itu tekan Next.
13. Nah...kini ada disuruh mengisi Password Root, silahkan diisi lalu diconfirm dengan nama yang sama, biasanya harus minimal 6 karakter,dan sama keduanya. Untuk computer name anda bisa mengesampingkan dengan nama secara otomatis atau anda rubah menurut nama selera anda. Lalu tekan Next.
14. Sekarang isi menu untuk password user Account, dengan benar, dan Passwordnya sekalian, sebaiknya jangan sama dengan passwordnya Root. Agar sistem anda aman. lalu klik Next.
15. Pengisian proses Instalasi selesai silahkan tekan Finish. Dan tunggu proses installasi selesai 100%, nanti anda akan diminta tekan Exit, dan CD OS Xandros dengan sendirinya akan keluar lalu ambil, simpan dan tekan Enter.
16. Sekarang anda akan restart, dan silahkan nikmati distro Xandros semudah anda menjalankan OS komersil. mudah kan !?!?



Catatan :
➢ jika anda ingin mengganti Open Office 1 dengan open Office 2 , maka pada poin 7 untuk dihilangkan centang pada open office 1, setelah anda memilih dengan pilihan complate.
➢ Untuk memasukkan Open Office 2, Kamus Bahasa Indonesia, penulisan dengan huruf arab, penambahan jenis Font, penambahan Gimp(photoshop), Xsane(scan), dan lainnya AKAN KITA BAHAS LEBIH LANJUT
sumber : linuxinuse.blogspot.com
MEMAHAMI DISTRO LINUX
Perbedaan Kernell Linux dan Windows


Secara umum kernel itu fungsinya me-manage resource yang ada di komp dan me-manage semua proses. kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi .Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.
Kernel monolitik mengintegrasikan banyak fungsi di dalam kernel dan menyediakan lapisan abstraksi perangkat keras secara penuh terhadap perangkat keras yang berada di bawah sistem operasi.
Di bawah ini ada beberapa sistem operasi yang menggunakan Monolithic kernel:
Kernel sistem operasi UNIX tradisional, seperti halnya kernel dari sistem operasi UNIX keluarga BSD (NetBSD, BSD/I, FreeBSD, dan lainnya).
Kernel sistem operasi GNU/Linux, Linux.
Kernel sistem operasi Windows (versi 1.x hingga 4.x; kecuali Windows NT).
linux :

Open source code kernelna / kodenya dibuka,Linux memiliki kernel yang stabil. Dia dapat berjalan 24 jam sehari 7 hari seminggu tanpa harus restart. Ini yang membuat Linux menjadi unggul jika dibandingkan dengan MS Windows yang kadang minimal dalam satu hari kita harus me-restart ulang untuk menyegarkannya.
Kernel Linux memiliki interface untuk mengakses sistem, library, dan user interface. Interface untuk sistem berperan penting karena secara umum bertanggung jawab atas proses-proses. Melalui sebuah perintah khusus proses diganti dari mode pengguna ke mode kernel.
Seperti dalam Windows, kernel bekerjasama dengan perangkat I/O dan menangani pengelolaan kapasitas. Bagian yang besar mengurusi manajemen proses, memilih tugas mana yang menjadi prioritas, dan mendapatkan giliran yang mana yang harus dikerjakan. Untuk itu, pada level terbawah terdapat fungsi-fungsi untuk mengendalikan interupsi.
Kernel Linux pada mulanya ditulis sebagai hobi oleh pelajar universitas Finland Linus Torvalds yang belajar di Universitas Helsinki, untuk membuat kernel Minix yang bebas dan dapat sunting. (Minix adalah projek pelajaran menyerupai UNIX direka untuk mudah dan bukannya untuk kegunaan perniagaan.) Versi 0.01 dikeluarkan ke Internet pada September 1991, Versi 0.02 pada 5 Oktober 1991.

windows :
Kernelnya bersifat close source / kodenya ditutup,kernel windows...itu adalah bagian dalam dari sistem operasi windows seperti registry, library nya..kita hanya bisa mengedit sedikit saja tidak bisa dalam seperti nix..makanya disebut sebagai sistem cathedral..tidak seperti opensources

Hal ini bertujuan untuk menjadi yang paling komprehensif kernel1, 2 perbandingan terbaru gaya Unix yang paling populer versus kernel terbaru kernel yang paling populer. Saat ini adalah kernel 2.6.28 Linux dan Windows Vista SP1 kernel. Datang di 2009 adalah 2.6.29 versus Windows Vista SP1.

Pada Windows kernel ditangani oleh file kernel32.dll. Kernel ini menangani manajemen memori operasi masukan / keluaran dan interrupt. Ketika boot Windows, kernel32.dll di-load ke dalam spasi protected memory sehingga spasi memorinya tidak digunakan oleh aplikasi lain. Apabila ada aplikasi yang mencoba mengambil spasi memori kernel32.dll, akan muncul pesan kesalahan "invalid page fault".
GNOME

GNOME - Guh-Nome (GNU Network Object Model Environment) adalah graphical user interface (GUI) & aplikasi desktop untuk sebagian pengguna Unix dan Linux. Ada juga yang di tujukan untuk membuat OS Linux lebih mudah di gunakan untuk non-pemrogram yang pada umum nya terkalit dengan Windows dan kumpulan aplikasi yang menyerupai. GNOME adalah salah satu desktop bagi para pengguna Linux yang memiliki kemudahan memilih aplikasi desktop, dari beberapa tampilan desktop yang tersedia. Dengan GNOME desktop dapat di buat agar terlihat seperti Windows98, Mac OS, atau dengan efect 3D desktop. Gnome juga memiliki kemiripan yang bisa di temukan di Windows Office 97, word processor, a spreadsheet program, database manager, presentation developer, Web browser, dan e-mail program.

GNOME berawal dari upaya dan usaha pengembangan para sukarelawan yang bekerja di bawah naungan Free Software Foundation, sebuah organisasi yang di dirikan oleh richard Stallman. Stallman dan anggota Free Software Foundation meyakini bahwa source code harus selalu publik dan terbuka untuk perubahan sehingga terus dapat di tingkatkan dan dikembangkan oleh orang lain.GNOME sebagai upaya atau alternatif agar pasar aplikasi desktop tidak di pegang oleh 1 vendor.Tujuan GNOME adalah menyediakan sejumlah aplikasi yang mudah dan ramah untuk di gunakan.Selain sebagai desktop, GNOME juga datang untuk pengguna dan kumpulan aplikasi handheld PalmPilot.

KDE
KDE adalah (K Desktop Environment) merupakan salah satu windows manager di sistem operasi berbasis UNIX. Pembuatan aplikasi yang berjalan di KDE harus mengikuti standar antarmuka yang ramah dan efisien bagi penggunanya. KDE adalah sebuah aplikasi desktop environment untuk sistem operasi berbasis UNIX (termasuk Linux, FreeBSD, NetBSD dan lain-lainnya). Fungsinya adalah untuk mengurangi penggunaan command line yang mungkin terlalu rumit bagi pengguna yang awam di sistem operasi berbasis UNIX tersebut, sehingga pengoperasiannya semudah mengoperasikan desktop pada lingkungaN

GNOME VS KDE
KDE dan GNOME merupakan suatu GUI (graphical user interface) atau desktop environtment (lingkungan desktop) yang memudahkan user untuk bisa mengakses aplikasi di linux. Sebenarnya GUI itu tidak hanya KDE dan GNOME saja yang ada, tapi ada juga yang namanya IceWM,XFCE,Blackbox,dan Fluxbox. ringkasnya GUI itu adalah tampilan yang menjembatani penggunaan sistem linux dengan user agar lebih mudah digunakan, jadi usernya tinggal klak-klik aja sana sini.

PERLU diingat bahwa GUI pada linux (yaitu KDE,GNOME dll) berbeda dengan sistem operasi W NDOWS. Kalau di windows, GUInya termasuk sistem utama. AKibatnya ketika GUI pada windows crash, maka sistem utama juga akan ikut crash. Berbeda dg linux, dimana GUInya berjalan di atas sistem X-window. Jadi ketika GUI atau Xwindownya crash, sistem utamanya tidak ikut crash. solusinya cukup restart aja lingkungan X-windownya Dengan kata lain GUI pada linux bukanlah sistem, melainkan aplikasi grafis yang berjalan di atas sistem. Kita anggap saja X-window adalah baju, sedangkan sistem utama adalah orang. KEtika bajunya robek tentu kita tidak perlu menjahit orangnya tetapi bajunya yang kita jahit, atau ganti dg baju yang lain.
Sebenarnya X-window adalah kumpulan bagian yang bekerjasama untuk menampilkan GUI, bagian2 tersebut adalah :
- dasar sistem window, program yang menyediakan layanan untuk sistem X-window
- X network protocol, protokol yang digunakan untuk berkomunikasi lewat jaringan
- Xlib, interface tingkat rendah. Bagian utama yang mengimplementasikan X Netwotk protocol antara sistem jaringan dengan program-program tingkat tinggi
- Window manager, menghubungkan ketiga bagian di atas. WIndow manager adalah aplikasi X yang berfungsi untuk mengatur bagaimana window ditampilkan kepada pengguna..

Remastersys Linux Distro

remastering itu cara untuk menambahkan atau mengurangi aplikasi-aplikasi atau default layanan yang ada di sebuah OS linux. Yang bisa ditambahkan seperti tema, background atau aplikasi-aplikasi software lainnya.

nah ini langkah-langkahnya:
Sedangkan untuk mempermudah pembuatan iso ketika proses remastering
selesai dilakukan, maka digunakan tool yang disebut remastersys. Tool ini
digunakan untuk mengkonversi system operasi yang telah diberi tambahan
aplikasi ke dalam bentuk .iso sehingga nantinya bisa dibuat dalam bentuk
livecd.
Langkah-langkah yang digunakan dalam melakukan remastersys ini
adalah:

1. Melakukan instalisasi system operasi yang akan digunakan, yang
dalam ini adalah linux ubuntu 8.04 dengan menggunakan cd live
ubuntu 8.04. Sudo username:hendy, password:laziale

2. Setelah system operasi terinstal, hal berikutnya yang dilakukan adalah
mencari beberapa aplikasi recovery yang akan ditambahkan ke dalam
system operasi.

3. Kemudian dilakukan penginstallan tool remastersys. Saat
penginstallan remastersys, pada awalnya akan menemui kegagalan
karena dependensi yang dibutuhkan belum tersedia. Untuk itu
dilakukan penginstallan dependensi melalui internet atau melalui dvd
repo.

4. Membuat folder baru di direktori home/hendy yang nantinya akan
digunakan sebagai repository local. Dalam hal ini folder yang dibuat
diberi nama repo_tubes

5. Kemudian memindahkan aplikasi yang telah dibuat ke dalam folder
repo_tubes dan kemudian mengekstrak tiap aplikasi tersebut. Setelah
semua terekstrak maka dilakukan penghapusan terhadap file-file
aplikasi sebelum diekstrak yang masih dalam bentuk
.tar/.tar.gz/.tar.bz2

6. Langkah selanjutnya adalah masuk ke dalam terminal. Setelah masuk
maka hal yang dilakukan adalah mengetikkan perintah (sudo dpkgscanpackages
repo_tubes/dev/null | gzip -9c > repo_tubes/Package.gz)
yang bertujuan unutk mengeset folder repo-tubes menjadi repository local.
7. Setelah itu mengetikkan perintah (sudo gedit /etc/apt/sources.list).
Setelah sources list terbuka, kemudian melakukan pengeditan dengan
menambahkan baris berisi deb file:home/hendy repo_tubes/ .
Setelah itu menyimpannya(save) dan keluar dari sources list.

8. Setelah melakukan pengeditan di dalam source list, hal berikutnya
yang dilakukan adalah mengetikkan perintah (sudo apt-get update)
untuk mengupdate package yang ada dalam repository local

9. Setelah itu hal yang dilakukan adalah melakukan penginstallan
terhadap aplikasi yang diperoleh.
Perintah yang diketikkan adalah (apt-get install nama_aplikasi). Jadi
perintah-perintah yang diketikkan adalah:
‐ Sudo apt-get install ddrescue
‐ Sudo apt-get install foremost
‐ Sudo apt-get install magicrescue
‐ Sudo apt-get install scalpet
‐ Sudo apt-get install testdisk

10. Setelah semua proses penginstallan selesai, maka kemudian hal yang
dilakukan adalah membuka synaptic. Tujuannya untuk
membuang(uninstall) aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan untuk
menghemat kapasitas ketika hasil remastering di-burn ke dalam cd.

11. Setelah dirasa cukup, maka kembali ke dalam terminal untuk
melakukan convert ke dalam bentuk iso. Perintah yang diketikkan
adalah (sudo remastersys backup custom.iso)
Hasil remastering dalam bentuk file iso (custom.iso) akan berada di
direktori /home/remastersys.

sebenarnya fungsi remastersys convert ke iso nya saja, dan kalau punya .iso berarti kita punya OS distro bikinan kita sendiri walau hanya nambah-nambahi aplikasi saja...

sumber : linuxinuse.blogspot.com
Monday, February 15, 2010

Cara memperbaiki Harddisk

Kerusakan yg terjadi pada level ini bisanya disebabkan Bad sector. Untuk menanganinya ada beberapa cara dan variasi percobaan, disesuaikan dengan merk harddisk dan banyaknya bad sector.

- Untuk penangan awal bisa gunakan perintah FORMAT C:/C (sesuaikan dengan drive yg akan diformat). /C digunakan untuk membersihkan cluster yg rusak.

- Langkah kedua jika belum berhasil bisa gunakan program Disk Manager dari masing-masing pabrik pembuat Harddisk.

- Jika belum berhasil juga anda bisa gunakan software HDDREG , silahkan download di internet programnya.

- Jika belum berhasil coba cara Low Level Format atau Zero File.
- Jika masih belum bisa, anda bisa lakukan pemotongan sector harddisk yg rusak, dengan cara membaginya dan tidak menggunakan sector yang rusak.

Level 2
Kerusakan yang terjadi pada level 2 adalah Kehilangan Partisi Harddisk dan Data. Ini bisa disebabkan oleh virus atau kesalahan menggunakan program utility. Ada yg perlu diperhatikan dalam mengembalikan Partisi harddisk yang hilang, yaitu kapasitas harddisk dan Jenis File Systemnya. Partisi dengan File System FAT lebih mudah dikembalikan dibanding NTFS atau File System Linux.

- Cek terlebih dahulu partisi harddisk dengan menggunakan FDISK atau Disk Manager

- Untuk mengembalikannya bisa gunakan software seperti Acronis Disk Director, Handy Recovery, Stellar Phoniex dll.

Level 3
Kerusakan yg menyebabkan harddisk terdeteksi di BIOS tetapi tidak bisa digunakan, selalu muncul pesan error pada saat komputer melakukan POST. Biasanya ini disebabkan FIRMWARE dari harddisk tersebut yg bermasalah. Untuk gejala ini banyak terjadi pada harddisk merk Maxtor dengan seri nama-nama Dewa. Untuk memperbaikinya anda bisa download program Firmware dari website merk harddisk tersebut.

Level 4
Kerusakan yang menyebabkan Harddisk benar tidak terdeteksi oleh BIOS dan tidak bisa digunakan lagi. Ini level yang tersulit menurut saya. Karena untuk perbaikannya kita butuh sedikit utak atik perangkat elektronika dan komponen dalamnya. Menganggulangi harddisk yang tidak terdeteksi oleh BIOS banyak cara.



sumber : Blog Deni Mulyadi
Thursday, February 11, 2010

Bingung dengan flashdisk Anda yang sering terkena virus?

Anda bisa mencegah flashdisk Anda terkena virus dengan melakukan beberapa trik mudah berikut ini :
1. Masukkan flashdisk ke port komputer atau laptop
2. Buat satu folder di drive flashdisk Anda.
3. Beri nama folder tersebut dengan nama autorun.inf
4. Buka folder tersebut, dan buat aplikasi Notepad di dalamnya di Start->All Programs->Accessories
5. Beri nama file sembarang untuk file Notepad tersebut
6. Buka program Character Map di Start->All Programs->Accessories->System Tools
Pilih huruf yang berlabel Unicode, seperti Arial Unicode atau Lucida Sans Unicode, atau huruf Jepang, China dan karakter aneh lainnya.
7. Pilih beberapa karakter, bisa 4 atau 5 buah, lalu tekan Ctrl+C untuk copy karakter aneh tersebut
8. Rename file Notepad tersebut atau tekan F2 , dan paste karakter aneh yang sudah di-copy tadi untuk mengganti nama file Notepad tersebut
9. Nama file Notepad akan berganti menjadi karakter aneh atau kotak-kotak, dan selesai.

Dalam system operasi Windows, tidak diperbolehkan terdapat 2 nama file yang sama, sehingga kemungkinan besar virus tidak bisa memakai nama file autorun.inf tersebut. Jika virus ingin menggantinya, rata-rata virus belum mengenal karakter Unicode, sehingga tampak sulit untuk mengubahnya, dan flashdisk Anda pun aman dari virus.

Instalasi FREE BSD

Bagi yang belum tau, FreeBSD itu merupakan sebuah Operating System yang berbasis UNIX. Contoh operating system yang berbasis UNIX lainnya adalah LINUX (Linux Is Not UNIX). Dari kata depannya saja sudah tertulis Free yang berarti operating system ini bisa didapatkan secara free (gratis) dan bersifat open source (source yang isinya bisa diubah sesuai dengan keinginan para pemakainya). Selain itu operating system ini terkenal dengan kestabillannya untuk dijadikan sebuah server.

Sekarang ini kita akan membahas bagaimana cara menginstall FreeBSD tersebut di subuah PC (Personal Computer). Mengapa kita perlu mengetahui cara instalasinya? Jawabannya adalah karena instalasi FreeBSD itu mungkin bagi yang belum pernah memakai operating system yang berbasis UNIX akan bingung.

Sampai saat ini (saat berita ini di POST) FreeBSD yang terbaru itu adalah FreeBSD versi 6.2 . Langsung saja ke cara penginstallan.

Anda bisa mendownload installernya langusung dari situs resminya di http://freebsd.org
Sediakan free partition hardisk sebesar 5GB atau lebih.
Nyalakan komputer anda dan seting BIOS anda untuk booting awal ke CD. Jgn lupa untuk memasukkan CD FreeBSD terlebih dahulu.
Selanjutnya akan muncul jendela pilihan, pilih pilihan 1 yaitu install Freebsd
Lalu muncul Jendela Sysinstall Menu. Untuk pemula maka dianjurkan untuk memilih mode Standart
Lalu akan muncul Jendela FDISK Partition Editor
Pilih partisi yang betuliskan ‘unused’, lalu tekan ‘C’ dan masukkan nilai space FreeBSD yang anda inginkan, lalu tekan ‘enter’. Setelah selesai maka teken ‘Q’
Muncul jendela Install Boot Manager, jika Anda memiliki OS lain dalam komputer anda maka pilih 1, lalu ‘OK’
Lalu muncul Freebsd DiskLabel editor. Disini anda akan membagi partisi FreeBSD anda lagi menjadi beberapa bagian. Dan bagian-bagian yang harus ada pada waktu penginstallan adalah : (‘/’, ‘/usr’ , ‘/var’ , ’swap’)
Untuk partisi ‘/’ sebaiknya isi cukup dengan 200Mb, lalu untuk partisi ‘/usr’ sebaiknya lebih besar diantara yang lain karena disinilah tempat kita akan menyimpan file dan menginstall program
Untuk partisi ‘/var’ anda cukup buat 1/4 dari total hardisk FreeBSD anda. Dan partisi ’swap’ sebaiknya isi dengan 2 atau 3 kali RAM yang kita gunakan
Setelah itu selesai maka tekan ‘Q’ lalu akan muncul jendela Choose Distributions
Disini anda akan memilih paket apa saja yang akan anda instal di komputer anda, sesuaikan dengan kebutuhan anda. Setelah itu pilih ‘OK’
Setelah itu tunggu sampai proses instalasi selesai. Lalu setelah itu akan ada konfigurasi tentang Network dan user. Disini anda dapat atur sendiri sesuai dengan keinginan anda
Selamat mencoba dan semoga berhasil. Untuk mengetahui semua tentang FreeBSD – anda dapat membacanya di buku panduaannya yaitu FreeBSD handbook. Anda dapat mendownloadnya langsung dari situs resminya di http://freebsd.org/
Wednesday, February 10, 2010

Software / Anti Virus Ampuh 2010

Software Ampuh CA Anti-Virus Plus Anti-Spyware 2010
Jika mungkin bingung mencari antivirus untuk netbook, maka software CA Anti-Virus Plus Anti-Spyware 2010 bisa menjadi pertimbangan. CA Anti-Virus Plus Anti-Spyware 2010 dapat menjaga ko0mputer user bebas dari virus, anti spyware, dan dapat melindungi user dari ancaman Internet lainnya, khususnya ketika mengakses dari netbook.
Program antivirus CA Anti-Virus Plus Anti-Spyware 2010 mampu menghabiskan 68MB memory, yang mungkin akan tidak terlalu berdampak kepada performance komputer modern sekarang ini, namun dengan netbook yang hanya memiliki RAM 1GB mungkin akan sedikit berbeda. Untuk waktu scanning memerlukan waktu yang cukup lama sekitar 5 jam dibandingkan produk lain yang hanya memakan waktu 1 jam. Hal ini dikarenakan karena software tersebut men-scan lebih banyak object ketimbang antivirus lain, menurut CA sebagai produsen antivirus itu.
Walaupun tidak se-inovatif Norton 2010, namun software CA Anti-Virus Plus Anti-Spyware 2010 ini dapat men-scan seluruh file di komputer netbook, dan perlu restart untuk melengkapi proses instalasi. Interface dari program ini tampak menarik, walaupun mungkin tidak sama simple-nya dengan Norton atau Kaspersky. Kelebihan software CA Anti-Virus Plus Anti-Spyware 2010 tesebut dilihat dari interface yang menarik dan user friendly, namun fiturnya masih terkesan sederhana dan ringan, juga harganya yang sedikit mahal.
Perangkat lunak tersebut untuk harga aslinya dijual seharga $49.99, menyediakan proteksi anti virus dan anti spyware, juga lisensinya yang pas untuk 3 komputer sekaligus. Download CA Anti-Virus Plus Anti-Spyware 2010 versi trialnya (shop.ca.com/downloads/free_trial_software.aspx) hanya berukuran 79MB, cukup ringan jika diinstal di netbook atau mini laptop.
sumber : dreammaster38.blogspot.com

LINUX VS WINDOWS

Keunggulan linux :

1. Membutuhkan sumberdaya hardware yang sedikit dibanding MS Windows

Untuk menjalankan Linux (dengan X-Windows), komputer Anda cukup menggunakan prosesor setara Intel Pentium 100 (Pentium klasik!) dengan memori 32 MB. Dan itu sudah cukup untuk menjalankan X-Windows beserta aplikasi perkantoran seperti StarOffice. Pengalaman penulis, pernah menginstall Linux Mandrake 7.0 yang lengkap dengan aplikasi StarOffice 5.0 dan MP3 Player pada PC Intel PentiumPro 200 dan memori 64 MB dengan kapasitas HDD 650 MB!.

2. Tingkat kemanan lebih tinggi

Linux memiliki hak akses yang dapat diatur oleh administrator Linux tersebut. Jadi, data yang ada pada PC Linux bisa dijaga dari tangan jahil yang ingin melihat data Anda. Selain itu, Linux mengharuskan login terlebih dahulu jika ingin masuk ke dalam sistemnya. Berbeda dengan MS Windows 9.x/Me yang membolehkan siapa saja masuk ke dalam sistemnya.

3. Relatif lebih kebal terhadap virus

Mungkin inilah yang disukai oleh para pengguna Linux. Sistem berbasis UNIX telah dikenal lebih kebal terhadap virus komputer (kecuali saat ini telah ada virus yang merusak, namun itu sangat sedikit sekali jumlahnya dan bisa dibasmi dengan antivirus Linux). Jika ada virus yang telah diprogram untuk merusak sistem MS Windows, hal ini tidak dapat dilakukan olehnya pada Linux. Karena keduanya memiliki kernel yang berbeda.

4. Tampilan desktop yang variatif

Anda dapat membuat tampilan desktop yang variatif, yang sulit sekali untuk dilakukan pada MS Windows. Jangan heran jika Anda akan melihat tampilan desktop Linux teman Anda berbeda jauh 180 derajat dengan tampilan desktop Linux yang lainnya. Keuntungannya, Anda dapat mengkostumisasi menu dan akses ke file untuk memudahkan pekerjaan Anda. Disamping itu, pengguna awam yang ingin mengutak-atik Linux Anda pun paling-paling hanya bengong melihat desktop rancangan Anda, karena tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan desktop tersebut.

5. Harga murah

Anda dapat meng-copy Linux dengan meminjam CD installation-nya dari teman Anda, bahkan Anda dapat mengcopy CD Linux dengan hanya membayar biaya copy. Bayangkan jika Anda harus membeli MS Windows yang seharga $100 ke atas. Ini tentunya akan sangat menekan biaya pengeluaran perusahaan Anda.

6. Stabil

Linux memiliki kernel yang stabil. Dia dapat berjalan 24 jam sehari 7 hari seminggu tanpa harus restart. Ini yang membuat Linux menjadi unggul jika dibandingkan dengan MS Windows yang kadang minimal dalam satu hari kita harus me-restart ulang untuk menyegarkannya

Keunggulan Windows :

1. GUI yang familiar

Graphical User Interface yang memudahkan pengguna dalam mengoperasikan system operasi ini. Desktop environment MS Windows tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Maka dari itu, secara “alamiah” kita sudah dibuat “satu keluarga” dengan MS Windows.

2. Dukungan driver yang lebih banyak

MS Windows memiliki dukungan driver hardware yang lebih banyak dibandingkan Linux. Walaupun dalam Linux telah mulai banyak vendor yang membuat driver untuknya, namun tetap saat ini lebih banyak dukungan driver dan mudah menginstal driver hardware pada MS Windows.

3. Banyak aplikasi berbasis MS Windows

Anda mungkin - dan bahkan mungkin sempat bingung - memilih aplikasi mana yang akan diinstal pada komputer yang menggunakan MS Windows, karena banyaknya aplikasi yang dapat berjalan di MS Windows. Selain itu, lebih mudah untuk menginstal aplikasi pada MS Windows dibandingkan pada Linux, yang terkadang harus di-configure terlebih dahulu. Ini menentukan kecepatan dari pekerjaan Anda. Jangan sampai waktu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan terbuang hanya karena bingung menginstal sebuah aplikasi pada Linux.
Kekurangan dari Sistem operasi ini adalah:

Kelemahan linux :

1. Sulit bagi pengguna awam untuk beradaptasi

Anda telah menggunakan MS Windows sejak tahun 1995 hingga kini? Maka Anda akan mengalami kesulitan saat mengoperasikan Linux. File System, Hirarki File, Hak Akses, Format File-nya sangat berbeda dengan MS Windows. Contohnya, Anda tidak akan menemukan file executable yang memiliki ekstension .exe, karena Linux tidak mengenal format file tersebut. Untuk itu, Anda harus mempelajari lagi sistem file pada Linux. Jika Anda pernah “terjun” dalam dunia UNIX, maka hal ini bukan menjadi masalah. Karena pada prinsipnya, Linux menggunakan format file yang sama dengan sistem UNIX. Jika Anda ingin mempelajari hal ini, silahkan klik www.linux.or.id, di dalamnya terdapat link untuk tutorial dasar file di Linux.

2. Masalah kompabilitas aplikasi MS Windows

Apa maksudnya? Ini merupakan hal yang cukup mengganggu bagi para user yang berminat ingin “pindah rumah” ke Linux. Banyak aplikasi yang dapat berjalan pada sistem MS Windows yang tidak dapat dijalankan pada Linux. Tapi saat ini sudah ada aplikasi di Linux yang bisa menjalankan program MS Windows seperti VMWare. Aplikasi ini bersifat emulator dimana kita dapat menjalankan aplikasi berbasis MS Windows pada mesin Linux.

Kelemahan windows :

1. Harga yang mahal

Anda harus mengeluarkan uang sekitar $100 atau lebih untuk membeli sistem operasi MS Windows. Ini jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan memiliki Linux yang lengkap dengan aplikasi pendukungnya.

2. Rentan virus dan hacking

MS Windows telah dikenal banyak memiliki bug yang menyebabkan orang lain yang tidak berhak dapat masuk ke dalam komputer Anda dan mengacak-acak isi dokumen Anda. Disamping itu, banyak virus komputer yang menyerang sistem operasi ini. Anda harus perhitungkan hal tersebut di atas.

3. Tidak ada sistem keamanan yang tangguh

Kecuali MS Windows 2000 dan XP, pada MS Windows 9.x/Me, hampir tidak memiliki sistem keamanan yang dapat membuat komputer Anda aman dari tangan-tangan jahil, kecuali jika Anda menginstal software third party untuk sistem keamanan data Anda, dan itupun Anda harus mengeluarkan kocek lagi untuk membelinya. Jika Anda menggunakan sistem berbasis NT, maka Anda dapat membuat sistem keamanan yang tangguh (walaupun masih bisa di-hack). Namun untuk memiliki Windows 2000, Anda harus mengeluarkan kocek diatas $500 dan spesifikasi komputer yang lebih tinggi.

4. Sistem yang kurang stabil

Pada MS Windows (kecuali MS Windows 2000 yang lebih baik dibandingkan Win 9.x/Me), semakin banyak aplikasi yang Anda instal dan semakin banyak hardware yang tertancap di komputer Anda, maka kemungkinan besar akan terjadi konflik, baik konflik antar hardware atau software maupun konflik antara software dengan hardware. Hal ini dapat mengganggu pekerjaan Anda, terlebih lagi jika Windows Anda ngadat karena hal ini, pekerjaan Anda akan terganggu.

sumber : ekoya.blogspot.com
Tuesday, February 9, 2010

Keamanan jaringan

keamanan jaringan adalah topik yang sangat penting yang meminta perhatian serius. memberi izin user untuk mengakses via sebuah koneksi jaringanmendatangkan resiko yang tidak mungkin ada pada apabila user duduk di depan terminal dan logon. apabila seorang user di logondi terminal, keamanan fisik dapat diterapkanpada komputer tersebut. apabila user menghubungkan diri melalui jaringan, maka identitas user tidak dapat di tebak. sebuah kebijaksanaan keamanan jaringan yang ketat di perlukan untuk memberikan proteksi yang memadai untuk jaringan enterprise.
disini kita akan melihat beberapa topik yang menjadi perhatian Administrator yang ingin membuat kebijaksanaan keamanan jaringan yang benar:

*pemakaian sumber daya bersama-sama
*hak user
*LAN/WAN atau akses remote
*permission jaringan yang efektif

NTFS VS FAT 32

KELEBIHAN FAT32

Filesistem FAT32 sudah cukup dikenal bagi pengguna windows, khususnya windows ME kebawah. Filesistem ini bekerja dengan menempatkan file dalam tabel-tabel yang telah terindeks dan orang bule bilang File Allocation Table (FAT). File sistem ini pun memiliki berbagai versi yaitu FAT, FAT16, FAT32 dan FAT64 (exFAT). FAT64 atau yang sering disebut extended FAT (exFAT) adalah versi terbaru dari pengembangan filesistem FAT. Filesistem exFAT ini muncul di service pack pertama windows vista. Back to topic, filesistem FAT32 memiliki kelebihan yaitu performa yang cukup baik untuk menghandle kapasitas hardisk yang tidak terlalu besar. Konon, untuk partisi hardisk yang kecil, performa FAT32 lebih baik ketimbang NTFS, benarkah? Entahlah, saya tidak berani memastikan tanpa dilakukanya pengujian atau benchmarking. Kelebihan lain yang saya ketahui dari hasil pencarian adalah kompatibilitas terhadap data dan software lawas. Ya jelas saja, hampir semua sistem operasi (microsoft maupun non-microsoft) mampu melakukan read-write terhadap partisi FAT32. FAT32 merupakan filesistem ideal untuk sistem operasi windows 9x dan windows ME.

KEKURANGAN FAT32

Kekurangan yang paling mencolok filesistem FAT32 ini adalah penanganan kapasitas besar (diatas 32GB). Konon, performa FAT32 kurang mumpuni untuk menangani kapasitas besar, bahkan sistem operasi windows membatasi besaran partisi maksimum untuk filesistem FAT32 hingga 32gb saja. FAT32 juga memiliki kekurangan untuk urusan keamanan yaitu, FAT32 tidak memiliki fitur enkripsi data. Masa sekarang ini, enkripsi data cukup penting agar data tidak jatuh ke tangan yang tidak berhak. FAT32 juga memiliki kelemahan yang cukup fatal bagi orang-orang yang sehari-hari berkecimpung dengan file-file berukuran besar, misal seorang editor video. Mengapa? Filesistem FAT32 tidak mampu menampung single file berukuran 4gb atau lebih. Tidak hanya itu, beberapa orang berpendapat bahwa filesistem FAT32 ini lebih mudah terfragmentasi dibanding NTFS, jika fragmentasi meningkat, tentu berforma akan turun. Seseorang pernah berpendapat bahwa filesistem FAT32 kurang baik untuk digunakan instalasi windows yang berbasis NT. Bahkan, ada yang mengeluh windows xp nya bekerja tidak maksimal karena partisi tempat windows xp diinstal menggunakan FAT32. Benar tidaknya pendapat ini, saya kurang tau.

KELEBIHAN NTFS

NTFS (New Technology File System) adalah file sistem default untuk windows NT. File sistem ini memiliki sejumlah kelebihan dalam menangani partisi dengan kapasitas besar. NTFS ini juga memperhatikan soal keamanan karena dilengkapi dengan fitur enkripsi data. Selain itu, NTFS memiliki fitur disk compression untuk menghemat space hardisk. Ada yang berpendapat, jika fitur disk compression diaktifkan, maka performa akan menurun. NTFS merupakan journaling file sistem, yaitu mencatat informasi mengena file yang ada, jika sewaktu-waktu file rusak/hilang, akan lebih mudah untuk perbaikanya. Kelebihan lain dari NTFS adalah kecepatan random access terhadap file yang terdapat di dalamnya, karena NTFS memiliki fitur indexing yang baik, hal ini menguntungkan jika pengguna sering melakukan searching file dibanding FAT32. File sistem ini ideal untuk sistem operasi windows yang berbasis NT (windows 2000 keatas). Konon, sistem operasi yang berbasis windows NT akan berjalan lebih cepat dan lebih stabil diatas partisi NTFS ini.

KEKURANGAN NTFS

Kekurangan NTFS yang sering dibicarakan adalah kompatibilitas terhadap software atau operating sistem lawas seperti win 9x dan ME. Sistem operasi lama milik microsoft ini tidak mampu membaca file sistem NTFS. Selain itu, beberapa orang menilai bahwa file sistem NTFS ini tidak universal, karena OS selain microsoft tidak mampu melakukan read-write pada partisi NTFS, namun hal ini sudah terselesaikan. Terselesaikan? Ya, saat ini distro linux telah mampu melakukan read-write file sistem NTFS dengan modul ntfs-3g. Ada yang berpendapat bahwa partisi berfile sistem NTFS akan susah diperbaiki jika terjadi masalah, benarkah? Dulu mungkin benar, tapi sekarang belum tentu. Saat ini file sistem NTFS sudah cukup populer, sehingga muncul tool-tool recovery yang mendukung recovery data dan perbaikan partisi berfile sistem NTFS. Bahkan saya pernah mengalami 2 partisi di hardisk saya hilang karena suatu kesalahan, 1 berfile sistem NTFS dan satunya lagi berpartisi FAT32, saya pun melakukan recovery data, hasilnya? Data saya di partisi NTFS kembali 100% dan FAT32 hanya kembali 60%.

KESIMPULAN
Setiap jenis filesistem memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Menurut pendapat saya, NTFS lebih unggul bahkan mungkin microsoft juga berpendapat sama, jika tidak, mengapa default file sistem windows vista dan windows 7 adalah NTFS? Pembaca, silahkan berkomentar jika anda setuju, tidak setuju atau bahkan mau menambah argumen, silahkan… saya tunggu…

sumber : ekoya.blogspot.com

apa itu default gateway?

default gateway, juga disebut router, adalah dimana sebuah hostmengirim semua datagram remote-boundnya. gateway akan memiliki sebuah tabel semua kemungkinan rute kemana jaringan remote mungkin eksis dan akan mengantarnya sampai ke lokasi. gateway mengirim via path terpendek berdasarkan informasi di dalam routing table.
komputer windows NT 4.0 dapat memiliki banyak default gateway sebagai toleransikesalahan. bila salah satu gateway down, maka komputer anda dapat menggunakan gateway berikutnya sesuai daftar di dalam tabel.
default gateway adalah parameter pilihan. ini hanya digunakan apabila anda memiliki lebih dari satu segmen jaringan dan anda mencoba mengkomunikasikan keduanya.
Saturday, February 6, 2010

cara menangani virus masuk

Flashdisk merupakan salah satu media yang paling banyak digunakan dalam penyebaran virus.
Pada waktu kita memasukkan flashdisk ke USB komputer kita, maka secara default windows akan langsung membuka task baru dengan fungsi Auto play.
Banyak sekali virus yang menggunakan fungsi Auto Play ini untuk menyebarkan diri mereka dan kemudian menginfeksi komputer kita.
Disini kita akan berusaha untuk meminimalisir virus masuk ke dalam komputer kita dengan cara meng-nonaktifkan fungsi Auto Play tersebut.

Berikut caranya :
- Klik Start –> run “gpedit.msc”
- Pilih Computer Configuration –> Administrative Templates
- Lalu Pilih System, cari file Turn Off Auto Play dan klik double
- Lalu centang pilihan enabled dan Turn Off Auto Play pilih All Drive
- Lalu klik OK, Tutup dan restart

Cara lain untuk meminimalisir virus masuk ke dalam komputer adalah dengan cara mengaktifkan user Guest dan selalu login dengan user guest tersebut.
Karena dengan user Guest maka secara tidak langsung kita akan mematikan fungsi registry, karena Virus akan selalu manginfeksi file registry ini dan merubah value di dalamnya.
Anda juga dapat meminimalisir virus masuk ke dalam komputer dengan selalu mengupdate anti virus secara rutin.
Thursday, February 4, 2010

Sharing Data

Dengan adanya fasilitas ini, setiap komputer dapat menggunakan data pada komputer lain sehingga akan menghemat waktu dan memudahkan suatu pekerjaan, terlebih lagi jika jarak antarkomputer berjauhan. Fasilitas yang mendukung dalam pertukaran data tersebut kita kenal memiliki aneka jenis, seperti Web Server, FTP Server, Mail Server, dan lain-lain.
Powered by Blogger.

TUKER LINK

Post Terakhir

Followers

Popular Posts

blog TKJ2

Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net 1 2 3 ”>
There was an error in this gadget